Kemenkes Sebut penyebaran virus Corona Varian JN.1 Tidak Ganas

obatgondok.my.id – JAKARTA – Direktur Pencegahan juga Pengendalian Penyakut Menular Kementerian Kesejahteraan (Kemenkes) RI dr Imran Pambudi MPHM menyampaikan bahwa wabah Covid-19 varian JN.1 telah menyebar di tempat Indonesia.

Varian JN.1 merupakan varian turunan dari omicron yang mana bersifat cepat menular, tapi dengan fatalitas yang tersebut rendah. Meski demikian, dr Imran menyatakan perlu adanya kewaspadaan penularan dari varian ini.

“Yang sekarang ini (JN.1) ada inovasi kecil tapi tetap saja train-nya omicron. Kalau turunannya omicron tidaklah ganas melebihi delta,” ujar dr Imran pada acara bincang akhir tahun dengan Kemenkes lalu Ngobras tentang info kemampuan fisik terkini di tempat Ibukota Indonesia pada Selasa (19/12/2023).


Meski varian JN.1 tiada ganas, namun tetap saja ada persoalan hukum kematian akibat wabah Covid-19 ini. Dokter Imran menjelaskan kematian yang digunakan terjadi pada pasien penyebaran virus Corona yang disebutkan oleh sebab itu adanya penyakit penyerta atau komorbid.

“Kita terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan mutasi dari varian ini. Komunitas pun harus tetap memperlihatkan waspada,” tambahnya.

Berdasarkan data Kemenkes, sejak tanggal 6 sampai 18 Desember, total perkara wabah Covid-19 adalah 2.204 kasus. Untuk hari ini, persoalan hukum konfirmasi yang mana tercatat ada pada nomor 243 kasus, persoalan hukum sembuh 116 kasus, lalu meninggal dunia dua orang.

“Pasien yang tersebut meninggal ini ada komorbid penyakit paru-paru serta TBC,” imbuhnya.

Lebih lanjut dr Imran mengatakan, peningkatan perkara penyebaran virus Corona terjadi oleh sebab itu diketahui pada waktu pasien akan melakukan tindakan medis di area rumah sakit.

“Jadi kebanyakan tindakan hukum ini terjadi ketika pasien ingin melakukan tindakan medis, ketika diperiksa ternyata positif Covid-19,” pungkasnya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *