Hal ini Langkah Kemenkes untuk Antisipasi Kenaikan Kasus wabah penyebaran virus Corona Jelang Libur Nataru

obatgondok.my.id – JAKARTA – Kementerian Bidang Kesehatan (Kemenkes) melakukan antisipasi terkait lonjakan wabah Covid-19 menjauhi libur Natal lalu Tahun Baru (Nataru). Sebab, dalam momen itu mobilitas penduduk meningkat sehingga rentan mengalami penyebaran wabah Covid-19 yang dimaksud makin meluas.

Direktur Pencegahan juga Pengendalian Penyakut Menular Kementerian Aspek Kesehatan dr Imran Pambudi MPHM mengatakan, pada akhir tahun ini ada peluang lonjakan tindakan hukum Covid-19, sebab terjadi mobilitas yang mana pesat di area sedang masyarakat. Pihaknya pun melakukan antisipasi untuk mengatasi hal itu.


“Kita memonitor apakah ada varian baru di tempat luar omicron, terus kita juga buat surat edaran ke seluruh infrastruktur kebugaran agar logistik kemudian tenaga disiapkan dalam akhir tahun ini, kemudian kita menguatkan surveilans,” ujar dr Imran pada waktu ditemui di acara bincang akhir tahun sama-sama Kemenkes juga Ngobras tentang info kemampuan fisik terkini pada Ibukota pada Selasa (19/12/2023).

Dokter Imran mengatakan, pada waktu akhir tahun berbagai perusahaan jasa pengiriman tutup. Pihaknya mengimbau terhadap prasarana kemampuan fisik untuk mempersiapkan obat-obatan lalu juga alat kesehatan.

“Kita komunikasikan ke rumah sakit untuk siapkan oksigen, obat-obatan, itu harus disiapkan, telah kita lakukan. Sehingga ketika ada lonjakan mereka nggak kebingungan dikarenakan kehabisan obat lalu alat kesehatan. Kita juga memantau ketersediaan ruang ICU bila ada pasien yang digunakan membutuhkan perawatan serius,” tuturnya.

Di sisi lain, dr Imran mengimbau warga yang dimaksud ingin melakukan perjalanan liburan agar memakai masker bila ingin bepergian. Dan bila ada gejala sakit, sebaiknya di area rumah saja.


“Isolasi biar nggak nular ke orang lain, sebisa mungkin saja jangan nularin. Pakai masker biar tidak ada menularkan. Kalau mau ke tempat umum yang mana crowded, silakan pakai masker. Karena hambatan saluran pernasapan nggak cuma Covid-19, dengan pakai masker menjadi upaya agar tidaklah menularkan juga tertular penyakit dari orang lain,” paparnya.

Ia juga meminta-minta rakyat untuk menerapkan protokol kondisi tubuh agar tiada tertular dan juga menularkan orang lain.

“Masker digunakan untuk orang yang dimaksud sakit, cuci tangan, kemudian lain sebagainya,” katanya.

Seperti diketahui, tindakan hukum positif penyebaran virus Corona kembali melonjak. Di Indonesia, pada Mulai Pekan 18 Desember 2023 tindakan hukum positif penyebaran virus Corona bertambah sebanyak 243. Dan jumlah keseluruhan kematian di tempat tanggal yang dimaksud ada dua orang dengan comorbid.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *