Waspada Solusi Tradisional Mengandung BKO, Hal ini adalah 5 Cara Menghindarinya

obatgondok.my.id – JAKARTA – Badan Pengawas Solusi dan juga Makanan (BPOM) menemukan banyaknya obat tradisional dan juga suplemen yang digunakan mengandung materi kimia obat (BKO) sepanjang September 2022 hingga Oktober 2023. Padahal sebagaimana diketahui, pemanfaatan BKO sangat dilarang untuk ditambahkan ke pada obat tradisional.

Pelanggaran yang dimaksud akan datang dikenakan sanksi hukum sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, serta Peraturan BPOM nomor 19 Tahun 2021 tentang Pedoman Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Penyelesaian Tradisional, Solusi Kuasi, Suplemen Kesehatan, dan juga Kosmetika.

“Jenis BKO di obat tradisional yang dimaksud ditemukan didominasi Sildenafil Sitrat juga Tadalafil yaitu klaim penambah stamina pria, Deksametason, Fenilbutason, dan juga Parasetamol yaitu klaim mengatasi pegal linu, Sibutramin yaitu klaim pelangsing, dan juga BKO lainnya seperti Efedrin, Pseudoefedrin HCl, Ibuprofen, Natrium Diklofenak, Asam Mefenamat, Prednisolon, Vardenafil HCl, juga Yohimbin HCl,” tulis BPOM, diambil pada akun X @BPOM_RI, Rabu (20/12/2023).


Menurut BPOM, apabila obat tradisional yang disebutkan mengandung BKO dan juga dikonsumsi oleh tubuh, maka akan mengakibatkan efek samping yang dimaksud tentu berbahaya, misalnya kehilangan penglihatan lalu pendengaran, pusing, gangguan ginjal, hepatitis, gangguan hormon, serangan jantung, nyeri dada, bahkan kematian.

“Salah satu hasil pengawasan BPOM dituangkan pada bentuk penjelasan publik, untuk memberikan informasi untuk rakyat agar terhindar dari bahaya konsumsi obat tradisional mengandung substansi kimia obat,” tulis. BPOM.

Maka itu, penting untuk kita menghindari pengonsumsian obat tradisional mengandung BKO, sehingga BPOM memberikan tips untuk rakyat agar terhindar dari obat tersebut. Tipsnya sebagai berikut.

1. Tidak mudah tergiur dengan pemasaran atau iklan yang digunakan berlebihan

2. Waspada efek cespleng pada obat tradisional

3. Cek obat tradisional mengandung BKO melalui program BPOM e-penjelasan umum OT serta SK

4. Baca aturan pakai, peringatan keras atau perhatian serta informasi lainnya yang tercantum pada label produk

5. Selalu Cek Klik (Kemasan, Label, izin edar, dan juga Kadaluarsa) sebelum membeli lalu mengonsumsi obat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *