10 Ciri-ciri Anak Mengalami Stunting lalu Pencegahannya

obatgondok.my.id – JAKARTA – Ada beberapa ciri-ciri anak mengalami stunting yang harus diketahui orang tua. Stunting adalah merupakan kondisi gangguan pertumbuhan lalu perkembangan pada anak yang disebabkan sebab gizi buruk, infeksi berulang, dan juga kurangnya stimulus psikososial.

Stunting merupakan indikasi utama malnutrisi kemudian infeksi seperti diare, helminthiasis pada anak usia dini, serta malnutrisi selama perkembangan janin yang disebabkan oleh ibu yang dimaksud kekurangan gizi. Pertumbuhan anak terhambat didefinisikan apabila tinggi badan terhadap usia anak lebih banyak dari dua standar deviasi Median Standar Pertumbuhan Anak WHO.

Stunting pada anak usia dini, teristimewa pada 1000 hari pertama sejak pembuahan hingga usia dua tahun, mengganggu pertumbuhan kemudian berdampak buruk pada perkembangan fungsional anak. Beberapa konsekuensinya termasuk buruknya kemampuan kognitif kemudian kinerja akademis, hilangnya produktivitas.

Ciri-ciri Anak Mengalami Stunting

Hal ini apabila dikaitkan dengan penambahan berat badan berlebih di dalam masa kanak-kanak, dapat meningkatkan risiko penyakit kronis terkait nutrisi pada kemudian hari pada masa dewasa. Berikut ciri-ciri anak mengalami stunting seperti dirangkum dari situs resmi Kementerian Aspek Kesehatan (Kemenkes), Selasa (26/12/2023).

1. Pertumbuhan tulang tertunda
2. Berat badan rendah dibandingkan anak seusianya
3. Tubuh lebih tinggi pendek dibandingkan anak seusianya
4. Proporsi tubuh yang dimaksud cenderung normal tapi tampak lebih tinggi muda atau kecil untuk seusianya
5. Pertumbuhan gigi terlambat
6. Kemampuan fokus serta memori belajar buruk
7. Wajah tampak lebih banyak muda dari anak seusianya
8. Menjadi lebih tinggi pendiam pada usia 8 – 10 tahun
9. Tidak sejumlah melakukan kontak mata terhadap orang di tempat sekitar
10. Mudah terserang berbagai penyakit.

Pencegahan Stunting

Dilansir dari Netmeds, stunting bisa jadi dicegah dengan fokus pada pemberian nutrisi yang optimal pada 1000 hari pertama hidup pribadi anak. Mulai dari konsepsi hingga anak berusia 2 tahun.

Tahapan pada hidup manusia anak ini sangatlah penting sebab otak berprogres pesat lalu meletakkan dasar yang kuat untuk kemampuan kognitif lalu keterampilan sosial di dalam masa depan. Ini adalah juga merupakan masa dalam mana anak mempunyai risiko lebih banyak tinggi terkena infeksi yang tersebut menyebabkan diare juga gangguan lain yang digunakan dapat menghambat berkembang kembang anak.

Memastikan nutrisi yang dimaksud optimal bagi ibu hamil juga menyusui sangatlah penting. Hal ini menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan lahir rendah, yang tersebut merupakan faktor risiko utama stunting.

Setelah melahirkan, sebaiknya ibu didorong untuk memberikan ASI eksklusif pada bayinya selama 6 bulan. Langkah ini dianggap sebagai pilar pencegahan stunting. Selain itu, memperkenalkan praktik penyapihan yang digunakan benar setelahnya usia 6 bulan dan juga pemberian ASI hingga usia 2 tahun sangatlah penting.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *