Orang perlu berapa hari untuk terapkan kebiasaan baru?

obatgondok.my.id – DKI Jakarta – Tak semua orang memerlukan waktu hingga 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan tahun ini pada Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Meskipun secara umum diyakini bahwa dibutuhkan waktu tiga minggu (21 hari) untuk menciptakan sebuah kebiasaan, tetapi jangka waktunya kemungkinan besar berbeda dikarenakan bergantung pada berbagai faktor.

“Anda kemungkinan besar pernah mendengar bahwa dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan, namun perkiraan yang dimaksud tidak ada didasarkan pada ilmu pengetahuan apa pun,” kata penulis studi Colin Camerer, PhD seperti disiarkan Health, Hari Sabtu (30/12).

Untuk menentukan berapa lama waktu yang dimaksud dibutuhkan seseorang untuk membentuk suatu kebiasaan, Camerer lalu rekannya menggunakan alat pembelajaran mesin serta kumpulan data objektif ribuan orang.

Mereka secara khusus mengoleksi informasi mengenai lebih banyak dari 30.000 orang yang mana pergi ke pusat kebugaran serta 3.000 pekerja rumah sakit yang digunakan mencuci tangan selama bekerja.

Tim peneliti menemukan rata-rata diperlukan waktu hingga enam bulan penuh untuk menetapkan rutinitas olahraga baru.

Namun bagi pekerja rumah sakit yang tersebut mencuci tangan pada waktu bertugas, cuma butuh waktu berminggu-minggu untuk menciptakan sebuah kebiasaan.

Meskipun demikian, dia menyimpulkan bahwa tidak ada ada jangka waktu yang mana universal untuk merancang kebiasaan.

Menurut peneliti, jangka waktu untuk merancang sebuah kebiasaan bergantung pada individu, jenis kebiasaan yang tersebut ingin mereka itu bentuk, dan juga lingkungan.

“Diperlukan waktu hingga 1 bulan untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, tetapi hal ini memerlukan keterlibatan yang digunakan konsisten di perilaku yang disebutkan sepanjang jangka waktu tersebut,” ujar psikolog Ernesto Lira de la Rosa, PhD.

Menurut Rosa, beberapa orang mampu membentuk sebuah kebiasaan pada waktu kurang dari 1 bulan kemudian yang digunakan lain kemungkinan besar memerlukan waktu hingga 3 atau 6 bulan untuk merancang sebuah kebiasaan baru.

Faktor yang dimaksud berperan

Psikolog di tempat NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center Nicholas Crimarco, PhD mengungkapkan ada beberapa faktor yang tersebut berperan pada kemampuan seseorang untuk merancang serta mempertahankan kebiasaan baru.

Beberapa faktor kuncinya mencakup seberapa sulit perilaku atau kebiasaan baru yang disebutkan lalu seberapa besar khasiat dari kebiasaan tersebut, jelasnya.

Misalnya, untuk suatu kebiasaan tambahan menantang, mungkin saja memerlukan tingkat motivasi serta konsistensi yang digunakan lebih lanjut tinggi. Apabila kebiasaan baru ini terlalu sulit, orang kemungkinan besar akan kesulitan untuk tetap saja berazam seiring berjalannya waktu.

Selain itu, bila kebiasaan yang dimaksud tiada dikaitkan dengan imbalan, akan sulit bagi seseorang untuk tetap saja termotivasi atau melakukan kebiasaan yang dimaksud secara konsisten.

Di sisi lain, imbuh Crimarco, faktor lingkungan seperti dukungan sosial kemungkinan besar juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan perilaku baru.

Jika seseorang bukan miliki sistem dukungan yang tersebut kuat dari teman dan juga keluarganya, hal ini dapat menghambat proses pembentukan kebiasaannya.

Motivasi pribadi juga merupakan faktor penting pada memulai pembangunan lalu mempertahankan kebiasaan baru.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *